Saturday, September 15, 2007

Seminggu Tanpa Dunia Maya

Seminggu yang lalu aku "jalan-jalan" lagi ke Padang. Ngapelin BIM lagi, sebuah bandara yang punya kenangan khusus untukku, juga hilir-mudik ke sebuah kampus yang terletak di pinggir pantai barat Sumatra, yang sudah beberapa kali kukunjungi.

Jalan-jalan kali ini terasa capek, ya namanya juga jalan-jalan kerjaan. Kalo jalan-jalan rekreasi tuh baru.... capek juga :D <emang 'ku rada males dengan yang capek-capek hehe>. Yang paling bikin capek itu karena 'ku susah sekali terhubung ke dunia maya. Udah di kampus cuman bisa connect sekali, trus nyari-nyari hotspot juga susah. Warnet?? duh koneksi warnetnya juga gak kayak di Jogja kalee. Kayaknya emang lagi apes aja, padahal pas lagi butuh-butuhnya. Hunting hotspot aja ampe dibantuin keluar malem-malem, ternyata adanya bayar. Itu aja resto-nya dah mo tutup (Padang gak kayak di Jogja, di Jogja mah keluar malem tuh dah jamak kalee, di sana hanya di tempat-tempat tertentu aja yang on ampe malem). Ada yang masi buka malemnya, ternyata hotspotnya pake password, dan yang tahu passwordnya cuman pemiliknya yang baru pergi ke Jakarta. Alamaaak, susahnyooo...... Usaha koneksi ke dunia maya diakhiri dengan ngetem di warnet jam setengah 1 malem. Untung masi ada yang buka, yach biar pun seadanya dan banyak proteksi, biar lah. Ini hunting juga gara-gara kerjaan, harus submit file ke bos. Kalo gak, dah males banget, mending tidur jam segitu.

Besok malemnya, aku dan temen-temen hotspot hunter jalan-jalan lagi. Tapi kali ini gak nyari hotspot dan koneksi internet lagi, dah gak mood. We lha, pas mampir di sebuah resto di Plaza Andalas, ada tulisan: "Free Hotspot" --yach gitu-gitu deh, lupa tulisan aslinya-- Tulisan itu ampe kubaca dengan ati-ati, trus nanya ke salah satu pelayannya, ternyata memang di situ ada hotspot dan gratis. hummmm....... Padahal pas gak ada satu pun dari kami yang bawa laptop seperti malem sebelumnya. Dan ketika aku di BIM sedang menunggu pesawat yang akan membawaku pergi dari Padang menuju Jakarta, aku pun membaca tulisan bahwa di BIM tersedia koneksi internet dengan hotspot. Sayangnya, baru saja aku ingin membuka tas dan mengeluarkan laptop untuk mencobanya, ternyata telah ada panggilan bahwa pesawatku telah siap dan aku dipersilakan masuk ke pesawat. Yach.... nasib, bener-bener deh.

**aku pergi dari Padang 2 hari sebelum Gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter terjadi di Bengkulu, dan turut mengguncang Padang. Semoga semua baik-baik saja di sana, karena Padang adalah sebuah kota yang indah, yang menarikku untuk kembali, meski sulit terhubung dengan dunia maya**

No comments: